Kamis, 26 Februari 2009

Hacking Untuk Pemula

0 komentar
Apa sebenarnya hacking itu? klo menurut pengertian gue, hacking adalah ngoprek. Yup, hacking adalah ngoprek, mempelajari sesuatu dengan keingintahuan (curiosity) yg tinggi, ngutak atik sesuatu, 'ngudek-ngudek' sampai ke 'jeroannya'. Sesuatunya apa dong? ya terserah... bisa komputer, mobil, motor, mesin. Tapi masalahnya ada ngga ya hacker mobil, hacker motor, atau hacker pesawat terbang?? hehe... Walaupun saat ini hacking identik dengan 'bobol-membobol', tapi gue kurang setuju klo cuman bobol server orang doang!. Ada yang bilang 'Hacking is Art', trus dimana letak seninya dong? Mau tau pengertian hacking sebenarnya, coba baca artikel sebelumnya (How to Become A Hacker). Di situ dijelasin bahwa hacker berkaitan dengan kemahiran teknis serta kegemaran menyelesaikan masalah dan mengatasi keterbatasan. Contoh hacker pada saat ini yang sering-sering disebut adalah Linus Torvald (tau ngga? itu lho yang menciptakan Linux). Apa dia tukang bobol? belum tentu kan....

Pada artikel ini, gue pengen membagi pengalaman mengenai Hacking, walaupun sampai saat ini gue belum pernah nge-Hack ke server orang. Salah satu cara untuk mencoba simulasi Hack yaitu H3cky0uRs3lf! Buat komputer kita sebagai server (sekaligus belajar konfigurasi server) trus install program yg dibutuhkan. Misalnya klo mo Web Hacking, coba install Apache atau IIS. Atau kita sesuaikan dengan exploit yang udah kita dapet. Tapi lebih baik install Linux atau FreeBSD dulu di komputer pribadi, trus konfigurasi sebagai server, lalu simulasi Hack, setelah itu baru Hack Betulan... Apalagi klo di kost ada jaringan.

Pro dan Kontra Hacking

Pro Kontra
Etika Hacking Semua informasi adalah free Jika semua informasi adalah free, maka tidak ada ladi privacy
Aspek Security Intrusion adalah ilustrasi kelemahan sistem Tidak perlu menjadi pencuri untuk menunjukkan pintu yang tidak terkunci
Idle Machines Hacking hanya pada idle machines idle machines milik siapa ?
science education hanya membobol tapi tidak merusak "hacker wannabe" berpotensi sangat besar untuk merusak

Okeh, sekarang waktunya melakukan aksi...

1. Fase Persiapan

~ Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

- Secara Aktif : - portscanning

- network mapping

- OS Detection

- application fingerprinting

Semua itu bisa dilakukan menggunakan toolz tambahan seperti nmap atau netcat

- Secara Pasif : - mailing-list (jasakom, newbie_hacker, hackelink, dsb)

- via internet registries (informasi domain, IP Addres)

- Website yang menjadi terget

2. Fase Eksekusi

~ Setelah mendapatkan informasi, biasanya akan didapatkan informasi mengenai OS yg digunakan, serta port yang terbuka dengan daemon yg sedang berjalan. Selanjutnya mencari informasi mengenai vulnerability holes (celah kelemahan suatu program) dan dimanfaatkan menggunakan exploit (packetstromsecurity.org, milis bugtraq, atau mencari lewat #IRC).

~ Mengekspolitasi Vulnerability Holes

- compile eksploit -> local host -> $gcc -o exploit exploit.c

$./exploit

# hostname (# tanda mendapatkan akses root)

remote host -> $gcc -o exploit exploit.c

$./exploit -t www.terget.com

# (klo beruntung mendapatkan akes root)

~ Brute Force

- Secara berulang melakukan percobaan otentifikasi.

- Menebak username dan password.

- Cracking password file

~ Social Engineering

- Memperdayai user untuk memeberi tahu Username dan password

- Intinya ngibulin user....

3. Fase Setelah Eksekusi

~ Menginstall backdoor, trojans, dan rootkit

~ Menghapus jejak dengan memodifikasi file log agar tidak dicurigai admin

~ Menyalin /etc/passwd atau /etc/shadow/passwd

Sejarah tentang Linux

0 komentar
Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer. Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan bagi merujuk kepada keseluruhan edaran Linux (Linux distribution), yang selalunya disertakan program-program lain selain Sistem Pengoperasian. Contoh-contoh program adalah seperti Server Web, Bahasa Pengaturcaraan, Basis Data, Persekitaran Desktop (Desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan suite kantor (office suite) seperti OpenOffice.org. Edaran-edaran Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi kepopuleran, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang propritari (proprietary) dan mula menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa kasus.

Linux menyokong banyak Perkakasan Komputer, dan telah diguna di dalam berbagai peralatan dari Komputer pribadi sampai Superkomputer dan Sistem Benam (Embedded System) (seperti Telefon Mudahalih dan Perekam Video pribadi Tivo).

Pada mulanya, ia dibuat dan digunakan oleh peminatnya saja. Kini Linux telah mendapat sokongan dari perusahaan besar seperti IBM, dan Hewlett-Packarddan perusahaan besar lain. Para penganalisa menujukan kejayaannya ini disebabkan karena Linus tidak bergantung kepada vendor (vendor-independence), biaya perkakasan yang rendah, dan kepantasannya berbanding versi UNIX proprietari, serta faktor keselamatan dan kestabilannya berbanding dengan Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pembangunan sumber terbuka.

Sejarah
Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang bebas dan dapat sunting. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX direka untuk mudah dan bukannya untuk kegunaan perniagaan.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991. [1]

Berikutnya, beribu-ribu penulis program sukarelawan seluruh dunia telah menyertai projek ini.
Sejarah sistem pengoperasian berdasarkan Linux berkaitan arat dengan projek GNU, projek program bebas terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Projek GNU bermula pada 1983 untuk membuat sistem pengoperasian seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembangunan dan seterusnya — dikarang sepenuhnya dengan Program Bebas. Pada 1991, apabila versi pertama kerangka Linux ditulis, projek GNU project telah menghasilkan hampir kesemua komponen sistem ini — kecuali kernel. Torvalds dan pembangun kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem Pengoperasian yang cukup berfungsi. Oleh itu, Linux melengkapkan ruang terakhir dalam rancangan GNU.

Walaupun kernel Linux dilisensikan di bawah GNU General Public License, ia bukannya sebesar dari projek GNU.
Tux, seekor Penguin, merupakan logo dan maskot bagi Linux. Linux adalah tandaniaga (SN: 1916230) yang dimiliki oleh Linus Torvalds. Linux terdaftar sebagai "Program sistem pengoperasian komputer bagi penggunaan komputer dan operasi". Tandaniaga ini diletak setelah berlaku suatu kejadian di mana seorang pemalsu bernama William R Della Croce Jr mula menghantar surat kepada para pengedar Linux yang megklaim tandaniaga Linux adalah kepunyaannya serta meminta royalti sebanyak 10% dari mereka. Para pengedar Linux mulai mendorong agar tandaniaga yang asal diberi kepada Linus Torvalds. Perlisensian tandaniaga Linux sekarang dikendali oleh Linux Mark Institute.

Distribusi Linux
Lihat juga Distribusi Linux
Terdapat banyak edaran atau distribusi Linux (lebih dikenali sebagai Distro), yang dibuat oleh individu, grup, dan lembaga lain. Masing masingnya mungkin disertakan dengan program sistem dan program aplikasi tambahan, di samping menyertakan suatu program yang memasang keseluruhan sistem dalam komputer baru.

Inti bagi setiap edaran Linux adalah Kernel Linux, koleksi program dari projek GNU (atau projek lain), shell, dan aturcara utiliti seperti pustaka (libraries), Kompiler, dan Pengedit (editor). Kebanyakan sistem juga menyertakan aturcara dan utiliti yang bukan-GNU, bagaimanapun utiliti tersebut dapat diasingkan dan masih menyediakan sistem ala-Unix. Beberapa contoh adalah aturcara dan utiliti dari BSD dan Sistem Tetingkap-X (X-Window System). X menyediakan Antaramuka Grafik (GUI) yang asas bagi sistem Linux.

Aplikasi Sistem Pengoperasian berdasarkan Linux
Pengguna Linux, yang secara tradisinya perlu memasang dan melakukan konfigurasi terhadap sistem sendiri, lebih cenderung mengerti teknologi dibanding pengguna Microsoft Windows atau Mac OS. Mereka sering disebut "hacker" atau "geek". Namun stereotipe ini semakin berkurang dengan peningkatan sifat ramah-pengguna dan makin luasnya pengguna edaran Linux. Linux telah membuat pencapaian yang agak baik dalam pasaran komputer server dan komputer tujuan khusus. Contohnya, mesin render gambar, dan servis web. Linux juga mulai populer dalam pasaran komputer "desktop".

Linux merupakan asas kepada kombinasi program-server LAMP, kependekan dari Linux, Apache, MySQL, Perl/PHP,Python. LAMP telah mencapai kepopuleran yang luas di kalangan pembangun Web.

Linux juga sering digunakan sebagai Sistem Pengoperasian Benam. Biaya Linux yang murah memungkinkan penggunaannya dalam peralatan seperti Simputer, yaitu komputer biaya rendah yang disasarkan pada penduduk berpendapatan rendah di Negara-negara Membangun.

Dengan Persekitaran Desktop seperti KDE dan GNOME, Linux menawarkan Antarmuka Pengguna yang lebih menyerupai Apple Macintosh atau Microsoft Windows dari Antarmuka Baris Arahan seperti Unix. Justru itu, lebih banyak program grafik dapat didapati pada Linux, yang menawarkan berbagai fungsi yang ada pada utiliti komersil.

Pasaran serta dapatpakai
Linux yang pada awalnya hanya merupakan sistem pengoperasian yang digunakan oleh peminat komputer, telah menjadi sistem yang lebih Ramah-pengguna, dengan antaramuka grafik yang berbagai macam aplikasi yang lebih mirip sistem pengoperasian konsumer lain, dari baris arahan Unix. Namun kesan ini telah menimbulkan kritikan ramai, termasuk dari penyokong Linux. Mereka berpendapat bahwa Linux dan projek program bebas masih belum mencapai faktor ke'dapatpakai'an yang memuaskan. Persoalan tentang ke'dapatpakai'an Linux berbanding Windows atau Macintosh masih menjadi isu perdebatan yang hangat. Pasaran Linux dalam komputer "desktop" masih agak kecil tapi semakin berkembang. Menurut Lembaga Penyelidikan Pasaran IDC, besar pasaran bagi Linux pada tahun 2002 adalah 25% bagi pasaran server, dan 2.8% bagi pasaran Komputer pribadi.

Bagi mereka yang hanya biasa menggunakan Windows atau Macintosh, Linux mungkin kelihatan lebih sukar disebabkan perbedaan dalam melakukan berbagai kerja komputer. Dan lagi, lebih mudah untuk mencari sokongan teknis bagi Windows atau Mac OS dibandingkan Linux. Tambahan lagi, secara lazimnya pengguna perlu menukar program yang sering digunakan, disebabkan program tersebut tidak didapati dalam Linux (atau pilihan yang agak terbatas, terutamanya permainan komputer). Faktor lain adalah sifat ragu-ragu pengguna yang merasa susah untuk melepaskan sistem pengoperasian mereka (banyak pengguna masih menggunakan versi Windows yang lama). Selain itu, kebanyakan komputer didatangkan dengan Windows sedia dipasang (preinstalled). Faktor-faktor ini menyebabkan perkembangan Linux yang agak lambat.

Walau bagaimanapun, kelebihan Linux seperti biaya rendah, sekuritas yang lebih aman, dan tidak bergantung pada vendor, telah menggalakkan penggunaan yang meluas di kalangan koperasi dan kerajaan. Dalam situasi ini, halangan yang disebut di atas dapat dikurangkan karena hanya aplikasi/utiliti yang terbatas digunakan, serta kerja pentadbiran komputer (administration) dikendalikan oleh sekumpulan pekerja pakar IT yang sedikit.

Terdapat berbagai kajian yang dilakukan terbatas biaya serta ke'dapatpakai'an Linux. Relevantive, (sebuah lembaga berpusat di Berlin, yang mengkhusus dalam rundingan lembaga tentang ke'dapatpakai'an program, serta servis web), telah membuat kesimpulan bahawa ke'dapatpakai'an Linux bagi pekerjaan dengan komputer "desktop" adalah hampir sama dengan Windows XP. Bagaimanapun, kajian oleh IDC (yang dibiayai oleh Microsoft) mengklaim bahwa Linux mempunyai biaya pemilikan (Total Cost of Ownership) yang lebih tinggi berbanding Windows.

Linux juga sering dikritik karena jadwal pembangunannya yang tidak dapat diduga. Secara langsung, menyebabkan pengguna Enterprise kurang selesa dengan Linux dibanding sistem pengoperasian lain (Sumber:Marcinkowski, 2003). Pilihan yang banyak dalam edaran Linux juga dikatakan mengelirukan konsumer, dan vendor program.
[sunting]

Instalasi
Proses pemasangan yang sukar sering-kali menjadi penghalang bagi pengguna baru, namun proses ini sekarang menjadi lebih mudah akhir akhir ini. Dengan penerimaan Linux oleh beberapa pengeluar PC (Komputer pribadi) terbesar, komputer yang disedia-pasang dengan edaran Linux dapat didapati. Ada juga edaran Linux yang dimana Linux di-boot secara terus dari Live CD tanpa perlu memasangnya ke dalam Hard Disk. Contoh-contoh edaran Linux berbentuk Live CD adalah Knoppix/Gnoppix dan Gentoo. Gambar ISO bagi CD untuk edaran Linux tersebut biasanya dapat dimuat turun dari Internet, ditulis ke CD, dan selanjutnya membootkan CD tersebut.
[sunting]

Konfigurasi
Konfigurasi bagi kebanyakan setting Linux seringkali perlu dilakukan menerusi penyuntingan berkas teks dalam direktori /etc. Terdapat juga utiliti seperti Linuxconf dan GNOME System Tools yang bertujuan memudahkan kerja ini dengan menyediakan antaramuka grafik. Namun baris arahan merupakan cara paling lazim digunakan.

Dukungan
Dukungan bagi Linux biasanya didapatkan menerusi peer(dalam konteks ini bermaksud rakan dalam talian) - pengguna Linux lain di dalam forum internet, newsgroup dan senarai mel. Kumpulan Pengguna Linux (LUG, Linux User Group) telah didirikan di sulurh dunia untuk membantu pengguna lokal, pengguna baru, dan pengguna berpengalaman. Bantuan termasuk pemasangan, penggunaan, penyelenggaraan serta menggalakkan perkembangan sistem Linux.

Pembekalan komersil bagi edaran Linux secara umumnya mengamalkan model perniagaan dengan menyediakan sokongan. Sokongan partai ketiga juga sudah tersedia

Skala Usaha Pembangunan Linux
Sebuah studi (More Than a Gigabuck: Estimating GNU/Linux's Size [2]) Terhadap Red Hat Linux 7.1 menemukan bahwa edaran ini berisi 30 juta baris kode source (‘’source lines of code (SLOC)’’). Menggunakan model biaya COCOMO studi ini menunjukan bahwa edaran ini memerlukan waktu pengembangan sebanyak 8000 tahun, apabila software ini di kembangkan dengan cara proprietasi konvensional. Dan akan memakan sekitar 1.08 miliar dolar (dolar tahun 2000) untuk di kembangkan di Amerika Serikat.

Mayoritas dari kode (71%) ditulis dalam C, namun banyak bahasa lain digunakan, termasuk C++ shell scripts, Lisp, assembly language, Perl, Fortran dan Python.
Sekitar setengah dari kodenya di lisensikan di bawah GPL.
Kernel Linux kernel mengandung 2.4 juta baris kode, atau sekitar 8% dari total, Menunjukan bahwa mayoritas dari edaran Linux terdiri dari kode yang tidak terkandung dalam Kernel Linux.
[sunting]

"GNU/Linux"
Lihat Kontroversi Penamaan GNU/Linux
Disebabkan utiliti-utiliti dari projek sistem pengoperasian bebas GNU - tanpa ini sistem Linux tidak akan menyerupai sistem Unix dalam perspektif pengguna - Richard Stallman dari GNU/FSF memohon agar kombinasi sistem (projek GNU dan kernel Linux), disebut sebagai "GNU/Linux". Pengguna edaran Linux dari projek Debian lebih cenderung menggunakan nama tersebut. Kebanyakan pengguna lebih mudah menggunakan istilah "Linux".

Tindakan Undang-undang (Litigasi)
Artikel utama: SCO Vs IBM Pada bulan Mac 2003, Kumpulan SCO (SCOG - SCO Group) telah mengeluarkan saman terbatasap IBM yang mengklaim bahwa IBM telah memasukkan sebesar dari bahan intelektual milik SCOG ke dalam kernel Linux, di mana ia merupakan pelanggaran terbatasap lisensi IBM untuk menggunakan UNIX. Lisensi tersebut dikatakan dipegang oleh Kumpulan SCO. Tambahan lagi, Kumpulan SCO juga telah mengirim surat kepada beberapa lembaga dan memberi amaran tentang penggunaan Linux tanpa lisensi dari kumpulan SCO akan menerima tindakan dari mereka. Kumpulan SCO juga mengeluarkan pernyataan pada media massa yang mereka akan menyaman pengguna Linux selanjutnya. Kontroversi ini telah mencetus beberapa kecaman oleh Kumpulan SCO terbatasap Novell, DaimlerChrysler, dan AutoZone, selain saman balik oleh Red Hat dan pihak lain terbatasap SCOG.

Sumber: http://www.awali.org

Cara Mudah dan Cepat Konversi bilangan BINER, OKTAL, HEXA…

1 komentar

Pada dasarnya pengolahan teknologi digital tuh menggunakan bilagan biner…

Tapi untuk memenuhi pengolahan data yg lebih efektif dan efisien maka dibuat sistem bilangan oktal dan hexa…

Biner adalah bilangan yang hanya terdiri dari 2 bilangan, yaitu 0 dan 1…

Oktal adalah bilangan yang terdiri dari 8 bilangan, yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7…

Hexa adalah bilangan yang terdiri dari 16 bilangan, yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F…

Permasalahan yang sering timbul adalah bagaimana caranya mengkonversi dari satu ke yang lainnya… Berikut juga operasi2 yang dapat dilakukan kepadanya…

Lansung ke contoh aja lah…

Biner: 01 kalo dalam desimal tuh maksudnya 0*21 + 1*20 = 1.

Oktal juga sama cuma tinggal ganti 2 ma angka 8, begitpun hexa cuma tinggal ganti 2 a angka 16…

Masalahnya gmana cara cepetnya kalo mau konversi dari bilangan biner ke oktal ato hexa…

Prinsionya adalah dengan memanfaatkan karakteristik bilangan itu sendiri…

Bilangan biner merupakan bilangan dengan perpangkatan max 21 , sedangkan oktal adalah bilangan dengan perpangkatan max 23 , dan hexa adalah bilangan dengan perpangkatan max 24 .

Nah maksudnya apa? Maksudnya adalah 3 bilangan di depan/belakang koma pada biner merupakan satu bilangan di depan/belakang koma pada oktal. Begitu juga kalo mau hexa, 4 bilangan di depan/belakang koma pada biner merupakan satu bilangan di depan/belakang pada hexa.

Contohnya…

Biner: 10111,1100

Oktal:

Liat 3 bilangan depan koma: 111 dan 010 (kalo paling depan dah gak ada angka tambahin aja ma 0)

Liat 3 bilangan belakang koma: 110 dan 000 (kalo paling depan dah gak ada angka tambahin aja ma 0)

Konversi:111=1*22 +1*21 +1*20 =7; 010=0*22 +1*21 +0*20 =2;110=1*22 +1*21 +0*20 =6;000=0*22 +0*21 +0*20 =0.

Jadi dalam oktal 10111,1100=27,60…

Begitu juga pada hexa…

Kalo kurang jelas tanyain aja ke saya…

SEO tips

0 komentar
Teknik SEO ada dua jenis, yaitu ON PAGE dan OFF PAGE.

Teknik SEO ON PAGE, berarti membuat halaman website kita sebagus mungkin di mata search engine. Yaitu dengan cara memilih judul yang tepat, keyword yang cukup tetapi tidak berlebihan, menambah link pada kata kunci, bold, italic, dan sebagainya. Berikut ini tips teknik ON PAGE:

1. Fokus pada keyword Anda, pikirkanlah sejenak kira-kira orang akan memasukkan kata kunci apa di Google atau Yahoo yang tepat untuk website Anda.
2. Gunakan judul berisi keyword.
3. Gunakan keyword 5 - 10 kali dalam isi tulisan Anda.
4. Gunakan ALT (untuk link dan image) berisi keyword Anda.
5. Gunakan BOLD dan ITALIC pada keyword Anda.
6. Gunakan link pada keyword Anda.

Teknik SEO OFF PAGE, adalah dengan cara membangun link sebanyak mungkin ke arah blog kita. Anda bisa ikut pertukaran link dengan teman, atau memasang link pada halaman friendster, comment, buku tamu dan sebagainya. Semakin banyak link yang mengarah ke website kita, maka PAGERANK kita akan semakin tinggi. Semakin tinggi PAGERANK berarti semakin besar kemungkinan website kita berada di urutan tertinggi search engine.

Anda juga harus memperhatikan Anchor Text pada saat membuat link ke arah website Anda. Kenapa website Adobe berada pada peringkat tertinggi di google untuk kata kunci “click here” itu, karena banyak sekali website yang terdapat link ke arah halaman itu dengan kata: Download Adobe Reader, click here. Kata “click here” tersebut yang disebut Anchor text karena berupa link. Usahakan link yang mengarah ke website Anda sesuai dengan keyword yang menjadi sasaran Anda.

Berikut ini adalah hal-hal yang dilarang pada SEO (blackhat SEO), jika Anda menjalankan larangan ini, maka website Anda akan di-blacklist search engine (tidak diindex):

1. Membuat doorway, yaitu halaman khusus buat search engine yang tidak berguna bagi pengunjung situs Anda.
2. Memasang link di website Anda yang termasuk kategori “bad neighborhood”, yaitu situ-situs yang sudah di-blacklist (termasuk link farm).
3. Mengikuti program paid link.
4. Membangun link dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu singkat.
5. Isinya sama persis dengan website lain.

Search engine saat ini sudah semakin pintar, buatlah website atau blog Anda berbobot dan berguna bagi pengunjung, maka website Anda akan banyak dikunjungi orang dari seluruh dunia.

Rabu, 25 Februari 2009

Pengertian SEO

0 komentar

Sebelum berkenalan lebih jauh dan menjadi Pakar SEO, kita harus tahu dulu mengenai arti dari SEO itu sendiri. SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah jelas supaya web/blog kita selalu berada di halaman terdepan dan teratas dari suatu search engine, sehingga dengan selalu diatas, maka besar kemungkinan web/blog kita sering dikunjungi.

Rahasia SEO

Algoritma dan mekanisme suatu search engine tidak bisa diprediksi dengan benar. Banyak faktor dan syarat yang tidak bisa kita ketahui, sehingga SEO selalu menjadi Misteri yang sangat menarik untuk dipelajari. Namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan supaya bisa menjadi peringkat yang lebih baik di search engine:


  • Nama domain yang bagus

  • Hosting yang stabil dan uptime > 99%

  • Keyword Sugestion

  • Build Link


Dan beberapa faktor pendukung lainnya yang sangat banyak sekali jika disebutkan. Ada Banyak situs yang membahas masalah SEO, tidak hanya di pakar SEO, tapi ada juga di master SEO atau bahkan Newbie di Bidang SEO

Selasa, 24 Februari 2009

Instal Ulang Windows XP Tanpa Aktivasi

0 komentar
Menyiasati pengguna Windows XP untuk melakukan aktivasi Windows ke situs Microsoft dalam waktu 30 hari


Perbedaan mencolok yang paling dirasakan pengguna yang baru bermigrasi ke Windows XP adalah ditambahkannya Windows Product Activation atau WPA. Program ini akan memaksa penggunanya untuk melakukan aktivasi Windows ke situs Microsoft dalam waktu 30 hari.
Jika dalam waktu yang telah ditentukan Anda sebagai pengguna belum juga melakukan aktivasi, Windows Anda akan terkunci dan baru dapat digunakan kembali setelah Anda mengaktifkannya.

Aturan yang sama juga mulai diterapkan pada berbagai software baru yang beredar belakangan ini. Kita ambil contoh produk anti virus dari Symantec, Norton AntiVirus 2004. Peranti lunak ini juga telah menerapkan aktivasi sebelum Anda bisa menggunakannya secara penuh. Pilihan aktivasi yang umum diberikan adalah melalui Internet atau melalui telepon.

Melihat tren aktivasi ini, mungkin Anda bertanya-tanya, untuk apa sebenarnya aktivasi software? Ide dibelakang pembuatan aktivasi ini adalah untuk mengurangi pembajakan software. Dengan adanya aktivasi, pengembang software dapat memastikan bahwa produk yang digunakan user sesuai dengan lisensi yang dibelinya. Misalkan seorang pengguna memiliki lisensi Windows XP untuk satu user, pengguna tersebut kemudian mengaktifkan Windows-nya. Jika ia memiliki komputer lain dan ingin menginstal Windows yang sama tanpa membeli lisensi tambahan, maka Windows pada komputer yang kedua tidak akan bisa digunakan lebih dari 30 hari. Penyebabnya, Windows tidak dapat diaktivasi karena masalah lisensi.

Meskipun penerapan Product Activation ini dijadikan solusi bagi para pengembang program, namun cara ini bisa menjadi batu sandungan bagi pemilik lisensi resmi. Mengapa? Karena, jika pemilik komputer tersebut melakukan instal ulang sistem operasi setelah melakukan aktivasi, ia tidak dapat lagi mengaktifkan Windows untuk keduakalinya. Tapi, jangan marah dan kecewa dulu dengan masalah tersebut. PCplus punya solusinya! Ikuti langkah berikut sebelum Anda menginstal ulang Windows.


1. Klik [Start]>[All Programs]>[Accessories]>[Windows Explorer].
2. Buatlah sebuah folder baru, misalnya dengan nama backup pada drive D.
3. Masuklah ke folder C:WINDOWSsystem32. Jika Anda menginstal Windows pada drive lain, Anda dapat menyesuaikannya dengan drive yang Anda gunakan.
4. Pada bagian kanan window akan muncul sebuah informasi yang menyatakan bahwa file yang ada pada folder tersebut pada kondisi hidden. Klik hyperlink [Show the contents of this folder] untuk menampilkan isi dari folder system32.
5. Setelah folder system32 terbuka, carilah file bernama wpa.dbl.
6. Copy file wpa.dbl tersebut ke folder yang sebelumnya telah Anda buat (D: ackup),



Jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas, sekaranglah saatnya Anda menginstal ulang Windows XP. Anda dapat memformat harddisk dan melakukan “Fresh Install� dengan aman. Setelah Windows baru terinstal di komputer Anda:


1. Restart komputer dan tekan tombol [F8] pada keyboard sesaat sebelum komputer masuk ke sistem operasi Windows.
2. Pilih [Safe Mode] untuk masuk ke mode “aman�.
3. Pada Safe mode, jalankan kembali Windows Explorer.
4. Masuklah ke folder di mana Anda menyimpan file backup wpa.dbl, kemudian copy-kan kembali file tersebut ke folder C:WINDOWSsystem32.
5. Ketika file wpa.dbl Anda paste, akan muncul informasi bahwa file tersebut telah tersedia pada folder system32. Klik [Yes] untuk melakukan overwrite.
6. Langkah terakhir, restart Windows dan lihat, Windows XP tidak lagi meminta aktivasi!

Cara Instal Windows Xp

0 komentar
Terdapat banyak cara untuk memasang Windows XP pada stesen kerja. Jika anda memasang dengan memformat cakera keras, kemudian boot komputer melalui CD-ROM, cara ini dipanggil sebagai clean install. Anda perlu menjalankan clean install jika:
» Komputer anda menggunakan Windows 3.0, Windows 3.11, Windows 95 dan Windows 3.51
» Komputer anda tidak menggunakan produk dari Microsoft
» Komputer anda masih belum mempunyai sistem operasi
Mari saya mulakan dengan menjalankan instalasi Windows XP dari CD. Saya akan mengganggap komputer anda belum mempunyai apa-apa sistem operasi di dalamnya.
1. Hidupkan PC anda dan masukkan CD-ROM Windows XP Professional ke dalam piring. Anda perlulah terlebih dahulu mengaturkan supaya sistem anda dapat boot melalui CD-ROM.
2. Selepas komputer selesai menjalankan POST, rutin setup untuk Windows XP akan bermula. Lihat gambarajah di bawah berikut:

Awalan program menunjukkan proses penyalinan fail-fail yang diperlukan oleh Windows XP. Semasa proses ini dijalankan, program setup akan memuatkan Windows XP (versi minima) sebelum dapat memulakan program setup. Secara spesifik, saat ini Windows akan memuatkan pemacu (driver) bagi kegunaan perkakasan yang tertentu.
3. Sebaik sahaja program setup selesai memuatkan kesemua fail-fail pemacu yang diperlukan, anda kan dapat melihat senarai jadual partition bagi sistem anda. Lihat gambarajah di bawah:

Gambarajah di atas menunjukkan sistem anda masih belum mempunyai partition. Untuk mencipta partition, anda boleh menggunakan utiliti ini. NOTA: Jika sistem anda sudah mempunyai partition, anda boleh membuang partition tersebut dan menggantikan dengan partition yang baru.
Untuk membuang partition, tekan butang D. Untuk mencipta partition, tekan butang C.
4. Apabila anda memilih untuk mencipta partition baru, anda akan di bawa ke paparan berikut.

Gambarajah di atas menunjukkan paparan Partition. Anda diberi pilihan untuk meletakkan saiz partition yang ingin diciptakan. Jika anda tidak memahami maksud partition, saya mencadangkan anda menggunakan keseluruhan saiz partition secara maksima, tekan butang Enter untuk ke peringkat seterusnya. NOTA: Perlu diingat Windows XP memerlukan saiz cakera keras sekurang-kurangnya 1.5GB.
5. Kemudian, anda akan ditanya bentuk format bagi partition baru anda. Terdapat beberapa pilihan format iaitu NTFS (Quick), FAT (Quick), NTFS, dan FAT. Pilih jenis format yang dikehendaki dan tekan butang Enter untuk ke peringkat seterusnya.

6. Setelah anda memilih jenis format, program setup akan memulakan proses format pada partition yang diciptakan. Bergantung kepada saiz partition dan jenis sistem fail yang dipilih, proses ini akan mengambil masa antara 1 hingga 10 minit untuk selesai.

Gambarajah di atas menunjukkan proses memformat partition.
7. Kemudian Windows XP akan memulakan proses menyalin fail-fail sumber Windows XP dari CD ke dalam partition baru. Proses ini akan mengambil beberapa minit.

Gambarajah proses menyalin fail-fail Windows ke dalam cakera keras.
8. Setelah selesai menyalin fail-fail Windows, sistem akan reboot. Setelah komputer anda selesai reboot, program setup akan bertukar ke mod GUI, saat ini sistem akan mengenalpasti dan memasang perkakasan yang terdapat di dalam PC anda. Pada proses ini juga akan menyebabkan skrin anda berkedip-kedip untuk beberapa kali kerana sistem cuba untuk mengenalpasti jenis kad video yang sedang digunakan.

9. Semasa dalam mod GUI, anda akan ditanya untuk memeriksa setting Regional dan Language. Anda juga perlu memasukkan Product Key bagi Windows XP. Nombor Product Key ini boleh didapati di label CD Windows XP.

10. Klik butang Next. Pada paparan berikutnya, masukkan nama komputer dan kata laluan Administrator. Klik butang Next, dan pada paparan seterusnya, pilih Time Zone bagi kawasan anda.
11. Pada langkah berikutnya, anda akan menetapkan konfigurasi pada Network Settings, terdapat dua pilihan diberikan: Typical dan Custom. Jika anda memilih Typical settings, sistem anda akan dipasangkan dengan komponen-komponen berikut:
- Client for Microsoft Networks
- QoS Packet Scheduler
- File and Print Sharing for Microsoft Networks
- TCP/IP, configured for DHCP
Jika anda memilih Custom settings, anda akan diberi peluang untuk menambah dan menetapkan konfigurasi network secara manual. Anda tidak perlu risau tentang ini, jika anda melakukan kesilapan pada konfigurasi, anda masih boleh mengubahnya kemudian.

Gambarajah di atas menunjukkan konfigurasi Network Settings.
12. Berikutnya, anda perlu menetapkan jenis network yang ingin disertai, sama ada Workgroup atau Domain. Jika anda memilih untuk menyertai Domain, anda akan ditanya untuk memasukkan maklumat username serta kata laluan bagi mengesahkan identiti anda. Kemudian klik butang Next.

Gambarajah di atas menunjukkan paparan untuk memilih Workgroup atau Domain.
13. Sekarang anda bolehlah membiarkan sistem anda menyalinkan fail-fail yang diperlukan. Semasa proses penyalinan ini, sistem anda akan memasang program-program ke dalam Start Menu, mendaftarkan komponen Windows dan membuang fail-fail sementara dari Temporary folder.

14. Apabila proses setup hampir siap, sistem anda akan melakukan kemaskini dan reboot. Jika semuanya berada dalam keadaan baik, sistem anda terus akan memuatkan Windows XP Professional dan anda bolehlah menggunakan sistem operasi baru anda. Lakukan pemasangan perisian-perisian pihak ketiga seperti program utiliti, perisian pejabat, aplikasi internet sebaik sahaja anda berjaya memasuki desktop Windows XP.

Remaja Bobol Kartu kredit Bill Gates

2 komentar

Seorang hacker remaja telah menggunakan kartu kredit Bill Gates untuk memesan dan mengirimkan Viagra untuk Bill Gates.

Raphael Gray, 19 tahun, menyatakan dirinya sebagai 'orang suci dari e-commerce', setelah meng-hack perusahaan US, Canada dan Inggris untuk mengekspose lubang di Internet. Perbuatannya menyebabkan satu perusahaan keuangan menderita kerugian yang sangat besar. Gray diperintahkan untk menjalani pengobatan percobaan untuk gangguan mental selama 3 tahun.

Gray, yang dituntut atas perbuatannya yang merugikan karena dia berhasil mendapatkan 23,000 kartu kredit dari berbagai perusahaan yang dihack olehnya salah satunya yaitu kartu kreditnya Bill Gates, yang kemudian Gray memesan dan mengirimkan Viagra kepada Bill dengan kartu kreditnya.

Hakim Gareth davies diberitahu bahwa Gray dicurigai menderita gangguan mental dan minder yang kronis sejak kecil, yang memberikan kontribusi atas apa yang dilakukannya ini di Internet. Dan berdasar catatan medis, bahwa 4 tahun yang lalu Gray pernah jatuh dan membentur kepalanya.

Pembelanya mengatakan bahwa karena sebab itulah yang mengakibatkan perbuatannya di Internet. Gray menyatakan penyesalannya bukan pada apa yang dilakukannya tetapi caranya, dan dia mengatakan di lain kesempatan dia akan melakukannya lagi tapi secara legal.

Polisi membutuhkan waktu sebulan untuk melacak sang hacker sampai ke rumahnya di Clynderwen, Carmarthen, sebelah barat Wales dan ditangkap oleh FBI pada bulan Maret tahun lalu. Pesan pesan yang ditinggalkan di situs yang dihack olehnya berisi antara lain:" I'm for e-commerce when concluded in a secure and sensible manner but this is a rare thing. Most companies put some kind of page together and wait for the money to roll in. These people are the criminals." Dan pesan lainnya "If your site is broken into, you should spend more time asking why and not who." Apakah anda setuju dengan pernyataan ini ?? Jika Ya, maka anggap sebuah situs diibaratkan dengan sebuah rumah, di mana seseorang mencoba membobol rumah itu dengan berbagai peralatan, apakah anda masih tetap menjawab ya ?

Google Adsense adalah

0 komentar
Google Adsense, program affiliasi untuk bisnis internet yang sangat popular di dunia online saat ini. Semua orang bisa berpartisipasi menjadi pengiklan bagi google dengan syarat mudah dan cepat, cukup dengan menempatkan iklan-iklan google di situs mereka. Dengan metode komisi pay per click (PPC), menghasilkan uang dari google metodenya jauh lebih sederhana dan sangat liquid, beda dengan affiilasi lainnya, yang mengharuskan kita menjual sesuatu baru mendapatkan komisi. Google Adsense telah membawa revolusi baru dalam bisnis internet, pogram ini telah menghasilkan jutawan online tanpa harus mencari investor-investor besar seperti yang biasa dilakukan perusahaan-perusahaan dot com dari Silicon valley.

Apa itu Google Adwords dan Google Adsense ??

Sebelum mengenal lebih juga tentang Google Adsense, sedikit terlebih dahulu akan diulas Google Adwords yang merupakan cikal bakal kelahiran Google Adsense. Google Adwords adalah program periklanan yang ditawarkan google kepada para pemilik situs yang ingin mempromosikan situsnya, dengan cara menampilkan link situs pengiklan di hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu.

Contoh : jika kita melakukan pencarian di google dengan kata kunci welding misalnya, maka selain hasil pencarian, di bagian seperempat di sebelah kanan akan muncul Sponsored Link / Pesan Sponsor. Tentu saja, para pemasang iklan akan dikenakan sejumlah biaya tergantung dari kepopuleran kata kunci yang dipilihnya. Namun Google menyadari, meskipun dia sekarang ini menjadi search engine nomor satu di dunia, tidak semua pengguna internet di dunia yang memakai google sebagai mesin pencari, sehingga iklan di google adwords, belum mampu menjangkau seluruh pengguna internet, oleh karena itu mereka menawarkan kepada pemilik situs untuk memasang iklan google adwords di situs mereka dengan pola bagi hasil yang disebut Google Adsense . Jika ada seseorang yang mengunjung situs peserta adsense dan mengklik iklan yang ada di situs tersebut, maka pemilik situs akan mendapat komisi dari google, metode pembayaran komisi seperti ini biasa disebut dengan nama pay per click (PPC).

Berapa banyak komisi yang Diterima?

Komisi yang didapatkan tergantung iklan yang ditempatkan di situs kita. Google sendiri akan menempatkan iklan sesuai dengan isi/content situs . Harga Pay per click sendiri ditentukan oleh seberapa mahal kata kunci tersebut dihargai oleh pemasang iklan Adwords, misalnya kata kunci welding mungkin cuma dihargai 0.5 dolar per klik, tetapi kata kunci insurance misalnya bisa dihargai hingga 30 dolar per klik. Kata-kata kunci yang bernilai tinggi inilah yang disebut dengan High Paying Keyword (HPK). Situs-situs dengan topik spesifik untuk kata kunci (keyword) tertentu disebut situs niche. (contoh situs niche http://www.welding-engineering.com/ dengan topic welding).

Bayangkan jika kita bisa membuat situs yang dikunjungi 1000 orang per hari , dan asumsikan ada 10% yang mengklik iklan dengan komisi 1 dolar per klik, maka dalam sehari situs itu sudah menghasilkan 100 dolar/hari atau 3000 dolar per bulan. Lumayan kan, jauh lebih tinggi dari gaji fresh graduate. Seandainya punya 10 situs serupa, hitung aja sendiri penghasilannya. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa orang yang meraih komisi diatas 10.000 dolar per bulan, yang dapat ribuan dolar sudah banyak, apalagi yang cuma ratusan.

Di Amerika sendiri, banyak yang sudah mendapat ratusan ribu bahkan jutaan dolar, seperti situs plentyoffish. com ( perjodohan) atau digg.com ( berita) atau ezinearticles. com, hebatnya rata-rata situs mereka bukan lahir dari perusahaan-perusahaan besar silicon valley ( seperti yahoo, google, etc), tapi dari rumahan, ya dari rumah dengan modal PC yang terkoneksi ke internet.

Bagaimana cara ikutan Program Google Adsense?

Dari keterangan yang saya sebutkan di atas, tentu saja untuk ikut program ini, yang harus kita punya adalah situs untuk meletakkan iklan, kalau berdagang, situs ibarat toko, dan iklan adalah barang dagangannya. Setelah punya situs dengan topik/niche tertentu (e.g. education, consultant, farm, etc), kita bisa apply di google.com/adsense , lakukan registrasi, kemudian google akan mereview situs kita, jika memenuhi syarat dan diterima, google akan memberikan kode-kode html yang bisa kita masukkan di situs kita. Jadi deh… simple kan…?

Eiits… tunggu dulu, bagaimana kalau yang gak ngerti bikin situs… ? .. jangan khawatir, untuk pemula buat aja blog (kalau ini pasti sudah banyak yang ngerti), blog juga bisa dipasangi adsense. Bagi pemula berikut langkah-langkah membuat blog adsense (prosesnya gak lebih dari sejam):
Tentukan topik blog yang akan dibuat ( misal. self development. music, education. etc).
Buat blog di blogger.com, kenapa harus blogger, karena blogger masih punya google, jadi lebih gampang untuk di approve, jka sudah expert bisa pakai yang lain.

Cari artikel tentang topik yang sudah dipilih, ( cari aja google, banyak, bisa diedit, atau langsung copy paste tapi tentu dengan mencantumkan sumbernya), posting artikel di blog 10-15 posting, kemudian baru melamar untuk ikutan program adsense via situs google.com/adsense
Setelah lamaran diterima, kita dikasih account yang isinya macam2, diantaranya report jumlah klik dan komisi yang kita peroleh, disitu juga kode2 html yang tinggal yang tinggal di copy paste ke situs kita. Untuk di blogger caranya gampang banget, tinggal tambahin page element, kemudian klik add html/javascript, copy-kan adsense kode disitu. Jadi deh.

Remark :
Untuk waktu approval dari google, tergantung situs, bisa langsung approve, atau sehari malah kadang lebih.

Ada beberapa macam type iklan di google, namun yang umum dipakai adalah adsense for content dan adsense for search .

Ibarat jualan, toko sudah jadi, isi toko sudah ada, sekarang apa?… yah tinggal cari pembeli, ini tahap yang agak berat dan butuh waktu. Percuma kita punya toko tanpa ada yang beli. Yang disebut pembeli yaitu pengunjung situs kita, atau di dunia online umum disebut sebagai traffic. Semakin banyak traffic situs kita, berarti semakin tinggi kemungkinan iklan di klik dan semakin banyak komisi yang kita terima.

Nah untuk hal ini, bagaimana cara meningkatkan traffic ke situs kita secara general ada banyak cara untuk mendapatkan traffic, salah satu contohnya adalah mendapatkan traffic gratis dengan search engine. Contoh kembali lagi ke awal, jika kita mengetikkan kata kunci welding di google, ada lebih dari 30 juta hasil pencarian (gambar 1). Mana yang paling mungkin dibuka para pengunjung? ya halaman terdepan dong. Jika situs kita muncul di halaman pertama akan sangat bagus, halaman kedua atau ketiga masih OK-lah, tapi bagaimana jika di halaman 20?… siapa yang mau liat ..

Tentu semua adsenser ingin situs niche-nya akan muncul di halaman awal di hasil pencarian di google, bagaimana agar situs kita muncul di halaman awal?

Strategi : tips dan Trik Google Adsense

1 komentar
Berikut 10 Tips & Trik Google Adsense bagi pemula:
1. Buat yg belum apply Google Adsense (GA) atau sering ditolak apply di adsense, mungkin bisa memulai dengan membuat Blog berbahasa Inggris di www2.blogger.com - Update setidaknya 1
-2 Minggu kalau dah OK baru apply GA. Langkah ini kemungkinan berhasil 90% dengan catatan situs anda bukan situs illegal (hacker, porno, download crack) dan sejenisnya serta situs juga harus sering di-update
2. Sebaiknya situs anda ber-bahasa Inggris kalau Indonesia atau campuran biasanya akan jarang keluar text-ads-nya Google, yg keluar 99% iklan layanan (bisa diakalin tapi melanggar TOS - Terms of servises) kecuali situs anda sudah tahunan (lebih dari 1 - 2 tahun) baru keluar iklan bahasa Indo kalau yg campuran kadang-kadang bisa Indo dan juga bisa Inggris dan kadang-kadang bisa keluar "iklan layanan"
3. Jgn sekali-kali anda mencurangin Google karena cepat atau lambat anda pasti ketahuan, baca TOS dahulu karena tiap 3 - 6 bulan sekali pasti ada ketentuan baru yg makin hari saya lihat makin rumit... 90% yg punya GA pasti pernah melakukan kecurangan baik di sengaja ataupun tdk, yg paling sering curang pasti akan di ban, kl yang jarang paling diperingatin terlebih dahulu
4. Bagi yg ingin meningkatkan traffic situsnya secara gratis bisa memakai cara:- Daftar di semua situs search engine terutama Google, Yahoo dan MSN (lakukan tiap 2 Minggu)- Tukeran link / banner dgn sesama situs- Kirim e-mail ke yg kenal-kenal saja (jangan spam) atau cantumkan signature di e-mail anda- Pakai signature situs anda ketika posting di forum - Mailing list kadang-kadang bisa membantu (jangan spam juga)- Update situs dan buat semenarik dan se-informatif mungkin sehingga menarik minat utk yg masuk- Lakukan cara apapun asal jangan SPAM & tdk melanggar TOS GA
5. Cara lainnya anda mesti bayar dgn memasang banner di situs lain, yang anda rasa sesuai dengan apa yang anda promosikan atau pasang adword dgn Google. Jangan sekali-kali bayar situs yg menjanjikan trafik ribuan pengunjung karena sifatnya hanya sementara dan dilarang oleh GA
6
. Jangan anda melakukan spam di manapun utk promosi situs karena saya sendiri jg benci spam dan yg spam biasanya reputasi situsnya akan jelek walau trafik meningkat sebentar tp utk jangka panjang akan berefek tidak baik dan situs anda akan di "blacklist". Jangan jadi orang yang menyebalkan karena netter Indo sudah banyak di cap dgn reputasi buruk di internet sebagai netter yg suka hacker, bajak hak cipta, nipu bangsa sendiri dan yg terakhir mulai suka SPAM
7. Anda bisa affiliate dgn clickbank, amazon atau yg lainnya utk nambah penghasilan situs anda. Posisi penempatan iklan yang tepat, tampilan situs dan berita yang sering di-update juga bisa menjadikan keuntungan tersendiri buat anda
8. Sebaiknya situs anda mempunyai akhiran .com .net karena kalau cuma blogspot dari Google akan sangat banyak saingan utk saat ini dan jarang masuk ranking top ten kecuali anda menemukan kata-kata yg unik untuk itu atau situs anda sangat informatif dan berita yg diberikan situs anda bermanfaat bagi banyak orang. Kalaupun demikian butuh waktu lama utk bisa di posisi atas kecuali anda iklankan situs anda
9. Anda sebaiknya harus punya hobi menulis artikel karena kalau tidak situs anda hanya berisi informasi yg diambil dari situs orang lain dan rating anda akan lamban naiknya kalaupun anda ambil dari situs org lain dan terus anda edit dan perbagus, harap cantumin sumber dari berita anda karena ini adalah kode etik jurnalis. Artikel saya saja di internet juga sering dibajak orang tanpa mencamtumkan sumbernya dr mana. Belajarlah berbagi dan saling menghargai sesama netter, kalau anda termasuk orang yang suka membajak, yah mohon dikurangi dan lama-lama dihilangkan...
10. Hal terakhir yg paling penting adalah "jangan pernah menyerah" karena semua orang dan saya juga memulai dari nol. Segala sesuatu selalu ada permulaannya. Belajar, belajar dan belajar adalah kunci utama kalau mau sukses di bidang ini dan saya juga masih melakukannya hingga hari ini

Pengertian google Adsense

0 komentar

Oleh : Keeper (Member of Adsense-Id Forum )

Apa itu Google AdSense?
AdSense merupakan fitur yang ditawarkan Google buat para web publishers untuk memperoleh penghasilan online dari situs yang dikelolanya. Barangkali, yang ditawarkan Adsense ini merupakan cara paling simpel dan cepat untuk memperoleh penghasilan lewat Internet.
Ada dua kategori program:
(1) AdSense for Content
(2) AdSense for Search.



1. AdSense for Content
Untuk mengetahui lebih dekat, silahkan kunjungi situs www.testmagic.com, sebuah situs yang memberikan informasi cuma-cuma tentang tes TOEFL, GMAT, GRE, GSAT dan sejenisnya. Bila Anda lihat di bagian atas dan kolom paling kanan, akan terlihat sebuah box dengan teks Ads by Google berisikan satu atau lebih iklan tertentu. Iklan-iklan ini biasa disebut sebagai Google AdWords sedangkan program pemasangan iklan pada situs itu dikenal dengan istilah Google AdSense. Bila ada pengunjung yang meng-klik salah satu iklan yang terpasang di situs-nya, maka Google akan memberikan komisi pada pemilik situs yang besarnya sangat bervariasi (Sepenuhnya ditentukan oleh Google untuk masing-masing AdWords). Cukup simpel bukan?

2. Google AdSense for Search?
Senada dengan AdSense, hanya saja AdSense for Search melibatkan mesin pencari Google dalam menentukan jenis Adwords yang muncul. Jadi, pengunjung sebuah situs melakukan pencarian terhadap kata kunci (keyword) tertentu lewat mesin pencari Google yang disediakan oleh pemilik situs. Bila pengunjung menemukan iklan dan dengan baik hati mengklik-nya, maka si pemilik situs akan memperoleh komisi dari Google untuk setiap klik.

Bila ingin mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai Adsense ini, silahkan kunjungi Google Adsense FAQ

Minggu, 22 Februari 2009

Kelemahan antara facebook dan friendster

0 komentar
INTERFACE

Facebook
Interface mungkin menjadi salah satu kelemahan Facebook. alhasil, profile kita bakal sama semua dengan teman kita. Banyaknya Fitur di Facebook mungkin juga menjadi penghambat dalam membuat User Friendly, Alhasil, pengguna pemula (entry-user) bakal kebingungan dengan Interface yang disediakan Facebook.

Friendster
Inilah salah satu kelebihan Friendster dibanding Facebook, dengan Customized Layout sesuka hati pada profile kita kita bisa memasukkan kode HTML, CSS bahkan JavaScript pun dapat dimasukkan kedalamnya sehingga tampilan Layout profile kita bakal menjadi indah, dan kecil kemungkinan layout kita bakal ada yang menyamai.

PRIVACY

Facebook
Privacy Control di Facebook sangatlah tinggi. maklum, sang pendiri Mark Zuckenberg adalah Lulusan Universitas Harvard. Awalnya, Facebook hanyalah dipakai di kalangan Universitas Harvard, tapi dengan populernya popularitas Facebook di Universitas tersebut, sekarang Facebook bisa dipakai semua orang, kembali soal privacy control di Facebook, profile Facebook kita hanya boleh dilihat oleh teman kita, orang yang belum menjadi teman atau bahkan tidak kenal sama sekali tidak akan bisa melihat profile kita, berbeda dengan Friendster, seseorang yang niatnya mencari teman, akan tetapi dengan banyaknya hasil yang ditampilkan, kita bisa melihat profile orang-orang yang kita tidak kenal sama sekali.

Friendster
Dengan hanya Private Profile, Messaging Off, tentu saja Friendster mudah ditembus oleh sembarang orang, bahkan Private Photo yang sejatinya hanya dapat dilihat sang user dapat pula dilihat oleh orang lain. dengan banyaknya bugs di Friendster, security code Friendster seakan tidak berguna lagi. yang lebih parah, dengan memakai JavaScript di layout kita, kita juga dapat mengetahui password user yang berkunjung ke halaman profile kita lewat cookie. dengan segala kekuranganya, kini Friendster memblok celah-celah yang bisa dimanfaatkan untuk menjebol keamanan Friendster itu sendiri.

ENJOYABLE USELY

Facebook
Tingkat keasyikan dalam menggunakan Facebook mungkin berbeda-beda setiap orang, akan tetapi, dengan mudahnya mencari teman, fans, dan sekolah atau kuliah tempat kita menuntut ilmu bisa ditemukan dengan mudah. Chat dengan user yang online pun sangatlah menyenangkan, sehingga kita tidak perlu lagi mengaktifkan ID messenger kita seperti Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, Mig33, dll. Mengikuti games, apps, gifts dan quiz di Facebook sangatlah menyenangkan, bahkan kita bisa membuat sendiri quiz atau games jika kita mau. Alhasil, menggunakan Facebook bakal menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Friendster
Perlu diperjelas kembali bahwa tingkat kesukaan bisa berbeda-beda, karena tidak semua orang sama. di Friendster, salah satu tingkat keasyikanya adalah Personalisasi Profile, kita bisa mengubah layout sesuai keinginan kita, menulis semua tentang diri kita, orang yang ingin kita temui, buku favorit, music, hobby, afiliasi bahkan tempat tinggal kita bisa kita edit sesuai selera. akan tetapi, semua itu harus dibayar mahal oleh fitur yang disalah gunakan. sebagian orang, contohnya adalah bulletin board. bulletin kini hanya menjadi tempat curhat, pamer klo sedang online, menyuruh mengisi testimonial, menyuruh komentar photo primary, ajang tanya jawab sendiri dsb. di luar negeri, Bulletin board menjadi ajang tempat spam setelah menggunakan fitur Messaging. lalu, kita bisa disalahkan melihat profile Friendster oleh sebagian orang tanpa menge-addnya. hingga kita pun diberi komentar yang sebenarnya tidak perlu.

ADS

Facebook
Iklan di Facebook ada disetiap halaman kecuali di homepage dan setting account maupun privacy setting kita. selebihnya iklan hanyalah ada di bagian kanan. bagi sebagian orang mungkin iklan sangatlah menggangu karena merusak penampilan situs itu sendiri.

Friendster
Berbeda dengan Facebook, Friendster di setiap halamannya menyertakan iklan di sisi kanan halamannya. dengan ukuran yang cukup besar, bahkan disertai flash animasi, Friendster terasa berat bila kita membuka di komputer dengan spek yang kurang bagus.

Perbedaan friendster dan Facebook

0 komentar
kelebihan friendster, kebalikan dari keunggulan friendster, adalah kekurangan facebook:

1. Sign Up nya lebih gampang, jika Confirmation Email FS masuk ke Inbox tapi FaceBook masuk ke Bulk
2. Tampilannya lebih user friendly, mungkin hal ini karena layout Friendster sudah lama dikenal oleh Rakyat Indonesia (dan sekitarnya)
3. Friendster masih menjadi social network yang digemari di Indonesia, orang Indonesia masih lebih banyak yang menggunakan Fs dari pada Facebook
4. Lebih asik karena bisa edit layout, e.g: background, tulisan, dsb. Intinya buat orang Indonesia lebih merakyat
5. Fungsi Add Comment/Testimonial-nya lebih sederhana. Testimonial dapat berupa komentar, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan sebuah gambar yang menarik
6. Sebagai pemilik account friendster kita bisa membuat profil sesuai yang kita inginkan. Berbeda dengan facebook dimana kita harus mengikuti keinginan para pembuat aplikasi
7. Dengan menu search pengguna dapat mencari anggota Friendster lain, baik menurut nama, alamat, atau bahkan menurut sekolah, organisasi,perusahaan atau afiliasinya.

sedangkan kekurangan friendster:
1. Friendster kebanyakan account palsu, belum lagi spam yang merajalela memenuhi bulletin dan inbox usernya
2. Tampilannya bisa dibilang seperti dinding iklan
3. Corak, warna, dan layout yang terlalu rame membuat kita melihat home user rada pusing. Apalagi layout baru orange menyala untuk promosi klo friendster bisa bahasa mandarin juga (sebelum berganti ke warna biru)
4. Fitur yang masih seputar itu saja. Contohnya foto sangat terbatas, dalam satu halaman ditampilkan semua foto tanpa kategori. Bulletin yang di posting beberapa kali dengan harapan bisa selalu paling atas, kenapa demikian? Soalnya untuk pengumuman atau cuma komentar saja cuma bisa di bulletin saja
5. Fitur untuk mencari teman yang berada di lokasi yang sama sangat sedikit. Terkadang kita susah mencari teman klo tidak tahu nama lengkap atau emailnya. Kekurangan Fitur menjadi alasan kebanyakan orang berpindah ke facebook
6. Terkadang setiap halaman terasa berat ketika di Load sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membuka 1 halaman. Hal ini dapat menghabiskan banyak bandwith

kita belum ngebahas kelebihan facebook ya?? oke, kelebihan atau keunggulan facebook terletak pada:

1. Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan
2. No advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan
3. Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.
4. Group, berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5. Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.
6. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7. Event, kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party, atau launching produk kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya. Di friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di bulletin.
8. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tau kegiatan sehari-hari teman kita.
9. Mobile access, fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10. Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone kamu. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting maka kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam, bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa menverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.
12. Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
13. Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar, sehingga Surf di Facebook lebih cepat daripada di Friendster.
14. Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke facebook orang yang di tag.
15. Game, Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di facebook langsung.

Cara Membuat Facebook

0 komentar
← ato klik link ini.

Maka halaman seperti ini akan kelihatan.

Lihatlah bagian yang ditunjuk oleh panah hijau. Panah hijau itu kira-kira berbentuk begini tapi arah dan panjangnya bisa beda. Bagian seperti ini akan kelihatan.

Keterangan nomer yang dibuletin:
1. Isi dengan nama
2. Isi dengan alamat Email. Alamat Email tidak harus dari yahoo.co.id, penyedia lain juga boleh, seperti: gmail.com, yahoo.com, hotmail.com, rocketmail.com, gmx.net, dan masih banyak lagi.
3. Isi dengan password minimal 6 (baca:ENAM) karakter
4. Pilih jenis kelamin: "male" (cowo) atau "female" (cewe)
5. Pilih bulan, tanggal, dan tahun kelahiran
Lalu klik "Sign Up" seperti yang ditunjuk oleh panah hijau kesayangan kamu.

Tunggulah beberapa saat (kalo koneksinya lambat boleh sambil ngopi atau ngeteh dulu kalo mau), maka layar berikut akan muncul.

Liat gambar berwarna hitam-putih! Isilah kotak yang diberi tanda X dengan dua kata yang terlihat di gambar. Kata yang di kiri diketik dulu, ketik satu spasi saja, lalu ketik kata yang di kanan. Awas salah!
Kalau sudah, klik "Sign Up" seperti yang ditunjuk oleh panah hijau kesayangan kamu, maka layar berikut akan muncul.

Jangan Panik! Tunggulah beberapa saat (kalo koneksinya lambat boleh pipis dulu kalo mau).

Jika layar berikut muncul, SELAMAT! PENDAFTARAN SUDAH BERHASIL!

TERJEMAHAN:
Terima kasih atas pendaftaran di Facebook! Kami baru saja mengirimkan email konfirmasi ke .
Klik link konfirmasi pada email tersebut untuk menyelesaikan pendaftaran.

Kalau layar berikut muncul, lihat kotak merah. Kotak merah memberi tau kesalahan kita (dalam bahasa Inggris). Kasus ini, kesalahan terjadi pada pengisian nama.

Keterangan nomer yang dibuletin:
1. Cek ulang namamu atau isilah dengan nama lengkap misalnya nama keluarga, marga, atau nama iseng (sebaiknya, tapi ga harus). Nama minimal terdiri atas dua kata dan tidak mengandung kata yang hampir tidak mungkin seperti "Community" atau lainnya.
2. Cek ulang jenis kelamin: "male" (pria) atau "female" (perempuan)
3. Cek ulang bulan, tanggal, dan tahun anda muncul di bumi
4. Cek ulang alamat surat elektronik
5. Isi dengan kata sandi minimal enam huruf
Lalu klik "Sign Up" seperti yang ditunjuk oleh panah hijau kesayangan kamu.

Jika layar di atas muncul, kemungkinan layar berikut juga akan muncul:

Liat gambar yang kurang berwarna-warni itu! Isilah kotak yang diberi tanda X dengan dua kata yang terlihat di gambar. Kata yang di kiri diketik dulu, tekan satu kali tombol spasi, lalu ketik kata yang di kanan. Awas salah!
Kalau sudah, klik "Sign Up" seperti yang ditunjuk oleh panah hijau kegemaran kamu, maka layar berikut akan muncul.

Jika pendaftaran sudah selesai, silakan cek Email. Email dengan subjek "Facebook Registration Confirmation" akan bersemayam di sana. Bukalah Email itu dengan penuh sukacita.

Klik atau buka link yang ditunjuk oleh panah hijau yang tampan itu. kamu akan dibawa ke layar ini.

Step 1 ini memungkinkan Facebook untuk mengambil data dari Email yang terdaftar di Facebook. Caranya gampang aja, tinggal isi kata-sandi yang kamu pakai untuk Email kamu (bukan untuk Facebook) di kotak yang diberi tanda X, lalu klik "Find Friends" seperti yang ditunjuk oleh panah hijau yang membosankan itu. Ini ga disarankan karena ini seperti orang ga dikenal baca buku harian kamu. Kalau ga mau, klik aja "Skip this step" seperti yang ditandai oleh lingkaran hijau yang indah.

Kamu akan melihat layar ini.

Keterangan nomer yang dibuletin:
1. Nama Sekolah Menengah Umum atau Sekolah Menengah Tingkat Atas dan tahun kelulusan
2. Nama Universitas dan tahun kelulusan juga, kalau belum tau kapan lulusnya, dikira2 aja.
3. Nama Perusahaan
Kalau mau, isilah lalu klik "Save" seperti yang ditunjuk oleh panah hijau yang semakin membosankan. Kalau ga, pilihlah "Skip this step" seperti yang ditandai oleh lingkaran hijau yang asri.

Kamu akan melihat layar ini.

Isi kotak yang diberi tanda X lalu klik "Join" seperti yang ditunjuk oleh panah hijau yang sangat membosankan. Kalau ga, silakan pilih "Skip this step"

Jumat, 20 Februari 2009

Cara Memperkecil Ukuran MP3

0 komentar

Berikut merupakan cara untuk mengecilkan atau mengkompres ukuran dari suatu mp3 sehingga bagi siapa saja yang mempunyai mp3 player atau handphone tetapi hanya memiliki kapasitas memory yang kecil, don't worry. Software yang digunakan disini adalah Musicmatch Jukebox dapat download disini.

1. Install software dan ikuti prosesnya hingga selesai.
2. Jalankan program dan masuk menu File - Convert Files.
3. Pada bagian sisi sebelah kiri Select tracks to convert pilih file mp3 yang akan di compress.

4. Kemudian pada Destination pilih di folder mana file akan disimpan.

5. Convert selected track to pilih saja mp3. Lalu setting kbps masukkan sesuai keinginan. Untuk digunakan dalam mobile phone atau mp3 player lebih baik di setting 48 kbps tapi jika untuk dimasukkan sebagai backsound friendster atau semacamnya lebih baik digunakan 18 kbps saja.


6. Klik tombol Start dan tunggu proses hingga selesai

Rabu, 18 Februari 2009

Billing warnet di Ubuntu

1 komentar
Cara pertama yang saya lakukan adalah dengan cara manual, yaitu melakukan compile dari source aslinya (saat ini yang saya coba adalah ccl/ Cafe con leche yang beralamat di http://ccl.sourceforge.net/). Berikut adalah proses yang saya lakukan:

1. Pada server dan client jalankan perintah berikut:
$ sudo -i (masukkan password root)
$ apt-get install sqlite3 libsqlite3-dev
$ apt-get install libfox1.4
$ apt-get install libfox1.4-dev
$ apt-get install libglib2.0-dev
$ apt-get install libssl-dev
$ apt-get install build-essential

2. Edit /etc/ld.so.conf
$ nano /etc/ld.so.conf
dan tambahkan baris2 berikut :
/usr/lib
/usr/local/lib
$ ldconfig

3. Billing server
Dowload file ini dari http://ccl.sourceforge.net
cclfox-0.7.0.tar.bz2
libccls-0.7.0.tar.bz2
download ke home folder kamu lalu jalanin perintah2 berikut :
$ tar -xvzf libccls-0.7.0.tar.bz2
$ cd libccls-0.7.0
$ ./configure
$ make && make install
$ cd ..
$ tar -xvzf cclfox-0.7.0.tar.bz2
$ cd cclfox-0.7.0
$ ./configure
$ make && make install
Lalu buatlah sebuah “launcher” didesktop, klik kanan lalu klik properties dan tambahkan perintah berikut pada teks box “command”:
cclfox -nossl

4. Billing client
Download file ini dari http://ccl.sourceforge.net
cclcfox-0.7.0.tar.bz2
libcclc-0.7.0.tar.bz2
lalu jalankan perintah2 berikut :
$ tar -xvzf libcclc-0.7.0.tar.bz2
$ cd libcclc-0.7.0
$ ./configure
$ make && make install
$ cd ..
$ tar -xvzf cclcfox-0.7.0.tar.bz2
$ cd cclcfox-0.7.0
$ ./configure
$ make && make install
Lalu buatlah sebuah “launcher” didesktop, klik kanan lalu klik properties dan tambahkan perintah berikut pada teks
box “command”::
cclcfox -host -name -nossl
Dah begitu dan proses instalasi berhasil dilakukan. Ini tampilannya :

Coding Html Iseng

0 komentar
buat nyari tahu kapan update web terakhir

1. Kunjungi web yang kita ketahui kapan terakhir update

2. hapus alamatnya pada address bar, kemudian isikan kode berikut. Dan enter

code:

javascript:alert(document.lastModified)

buat nyari mp3

script sudah ditata sedemikian rupa sehingga enak dipakainya. tinggal copy pastekan ke address bar dan enter.

1. Klik kanan DISINI kemudian copy link location. Jangan diklik langsung !!!

2. Pastekan pada address bar dan langsung enter.

PDF Password Remover

0 komentar

ada 2 proteksi pass:
1. User Pass: utk read/buka PDF
2.
Permissions/ Owner Pass: utk modif/edit/print/ copy isi.

kebanyakan program decrypt cuma support remove OWNER pass,
di antaranya yang pernah gw tes:
- 3A PDF Password Remover
http://www.aaapdf. com/pdfdec/ pdf-password- remover.html
- Adult PDF Password Recovery (remover)
http://www.adultpdf .com/products/ pwdremover/ index.html
- Elcomsoft/Dmitry Sklyarov's Advanced E-Book Processor 2.2
http://www.cs. cmu.edu/~ dst/Adobe/ Gallery/
- Guaranteed PDF (GuaPDF) Decrypter-Restricti ons Remover
http://www.password -crackers. com/service. html

sedangkan yang bisa recover USER pass:
- Elcomsoft Advanced PDF Password Recovery Pro
http://www.elcomsof t.com/apdfpr. html
http://www.crackpas sword.com/ products/ prs/othersoft/ pdf/
- PDF Password Cracker Pro
http://crackpdf. com/index. html

utk OWNER pass sih gampang.. cuma tinggal di-remove doang
pake program remover di atas, gak perlu scanning.

gw tes bikin PDF pake Adobe Acrobat 3D/Pro
trus dikasih user & owner pass.

utk USER pass cuma bisa pake metoda brute-force / dictionary
kek RAR/ZIP Pass recovery.
pake PDF Password Cracker Pro 2.0 jelek.
gw kan udah tau pass, trus gw set min-max karakternya,
masa pass-nya gak ketemu juga.
pake APDFPR Pro baru oke..!

trus kalo user pass-nya blom tau, brp lama brute force-nya?
ya.. sama lamanya ma brute force ZIP/RAR :D
bisa sehari, bisa juga mingguan krn bisa di pause|resume.
tes dulu aja dgn dictionary attack berdasarkan kata² olahan sendiri.

ada catatan kecil:
di help-nya produk Elcomsoft suka nyantumin bahwa produknya
akan lebih optimal (scan cepet) menggunakan prosesor Intel.

Cara Cepat Membasmi Brontok

0 komentar

Sebenarnya virusBrontok adalah virus lokal..jadi banyak sekali antivirus yang tidak bisa mendeteksi virus ini.karena sebagian besar antivirus adalah buatan luar negri..disaat kemunculannya yang pertama,tidak ada satu antivirus pun yang dapat membasminya tapi seiring dengan waktu..pembuat antivirus terus mengupdate antivirus buatannya dan muncullah antinya..

virus ini sangat berbahaya,sekali menginfeksi komputer ia akan terus menggandakan dirinya sampai hardisk menjadi overload dan akhirnya kinerja komputer menjadi lambat.

Cara untuk membasmi virus brontok:

1.coba gunakan anti virus AVG(dengan syarat sudah di update)

2.Lakukan Scan menggunakan anti virus yang tadi disebutkan.sebaiknya lakukan scan computer dengan "safe mode" karena kalau menggunakan mode normal.saat antivirus dijalankan komputer akan restart sendiri.untuk menggunakan safe mode..saat windows baru dihidupkan.tekan f8 terus menerus..

3.virus ini akan merusak registry..jadi setelah antivirus mendeteksi brontok segera hapus virusnya dan langkah selanjutnya memperbaiki registry

4. Untuk mengaktifkan kembali fungsi registry editor hapus value:

DisableRegistryTools =1

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System

5. Hapus registri :

- Bron-Spizaetus
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run

- Tok-Cirrhatus
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run

- Disable CMD=0

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System


6. Untuk mengembalikan option [Folder option] pada windows explore, hapus string registry

NoFolderOptions=dword:00000001

pada registry key

KEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer


7. Hapus opsi pada menu [Startup] pada msconfig

NorBtok

Smss

Empty

8. Hapus Schedule Task yang dibuat oleh W32/RontokBro.B

Buka [Windows Explorer]

Klik [Control Panel]

Klik 2 kali [Schedule Tasks]

Setelah semua trik dijalankan..maka restart komputer..trus cek apa masih ada virus di komputer anda..

BASIS DATA TERDISTRIBUSI (DATA REPLICATION)

0 komentar
Data Replication

Replikasi merupakan suatu strategi yang beranjak populer dalam penyebaran data yang dapat di artikan untuk menyimpan salinan basis data secara terpisah pada 2 atau lebih lokasi. Replikasi memungkinkan organisasi-organisasi untuk memindahkan basis data dari mainframe terpusat ke server-server yang spesifik ke lokasi tertentu, dekat pada para pengguna. Replikasi mungkin menggunakan teknologi basis data sinkron maupun asinkron, meski demikian teknologi asinkron adalah teknologi yang sering digunakan. Relasi nasabah sebagai contoh, dapat di simpan dapat di simpan di cabang bank mana saja. Jika salinan data lengkap di simpan di setiap lokasi, kita mendapatkan kasus replikasi penuh (full replication) yang jarang sekali diterapkan kecuali basis data yang berukuran kecil. Di bawah ini kita akan mendaftarkan 5 keunggulan dari replikasi data :
1. Keandalan
Jika salah satu lokasi yang memuat relasi basis data mengalami kegagalan, salinannya selalu dapat di temukan di lokasi yang lain. Juga, salinan data pada suatu lokasi dapat segera di perbaharui saat suatu transaksi terjadi di lokasi yang lain.

2. Waktu Tanggap (Response Time) Yang Cepat
Setiap lokasi yang memiliki salinan penuh akan memproses query-query secara lokal, sehingga query yang bersangkutan dapat diproses secara cepat.

3. Kemungkinan Untuk Mengabaikan Rutin Yang Rumit Untuk Menjaga Integritas Transaksi Terdistribusi.
Basis data tereplikasi dapat disinkronisasikan pada interval waktu tertentu (disinkronisasi secara periodik).

4. Mengurangi Koordinasi Antar Simpul
Setiap transaksi secara mandiri dapat diproses tanpa koordinasi dalam jaringan. Maka, jika kinerja suatu simpul mengalami penurunan, sibuk, atau terputus (misalnya pada kasus komputer pribadi yag memiliki mobilitas tinggi), transaksi yang diproses secara lokal dapat di tangani saat di kehendaki pengguna. Pada saat sinkronisasi, proses yang tampak oleh pengguna akan mengkoordinasi semua salinan data.

5. Mengurangi Lalu Lintas Pada Jaringan Saat Waktu Sibuk
Sering pembaharuan data terjadi selama jam-jam sibuk, saat lalu lintas jaringan tinggi dan permintaan waktu tanggap (response time) juga tinggi. Replikasi, dengan penundaan dengan pembaharuan data, memindahkan lalu lintas jaringan dengan cara mengirimkan pambaharuan data ke simpul lain yang sedang tidak sibuk.
Selain memiliki keunggulan-keunggulannya yang kita bagas di atas, replikasi juga penuh memiliki beberapa kekurangan, yaitu:
1. Kebutuhan Ruang Penyimpanan
Setiap lokasi yang memiliki salinan penuh harus memiliki kapasitas penyimpanan yang sama dengan kapasitas data terpusat. Setiap salinan membutuhkan ruang penyimpanan (sebagai catatan : biaya untuk ruang penyimpanan ini selalu berkurang setiap waktu tertentu), waktu pemrosesan tertentu di butuhkan untuk memperbaharui setiap salinan pada setiap simpul.

2. Biaya Kerumitan Pembaharuan
Kapanpun relasi di perbaharui, pambaharuan tersebut harus di jalarkan ke setiap lokasi yang memiliki salinannya. Sinkronisasi pambaharuan mambutuhkan koordinasi yang hati-hati (kita akan lebih mamahaminya saat kita mambicarakan protokol COMMIT).

Untuk alasan-alasan diatas, replikasi sangat sesuai digunakan saat kebanyakan proses adalah pambacaan data (sesuai untuk data-data yang bersifat ‘hanya baca’/’read-only’), seperti pada aplikasi-aplikasi untuk nomor telpon, jadwal pemberangkatan kereta api , jadwal pemberangkatan pesawat udara, dan sebagainya. Teknologi penyimpanan dangan CD-ROM dan DVD sangat menjanjikan sebagai media yang ekonomis untuk basis data tereplikasi. Namun demikian, basis data tereplikasi tidak sesuai digunakan untuk aplikasi-aplikasi on-line seperti ATM (anjungan tunai mandiri), aplikasi pemesanan layangan pesawat udara, aplikasi pemesanan kamar hotel, aplikasi-aplikasi finansial lainnya, serta (yang terutama) aplikasi-aplikasi yang sering sekali melakukan pembaharuan (updating) pada basis data.

DBMS (Database Management System)

0 komentar
DBMS adalah perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan database. Mempunyai fasilitas membaut, mengakses, memanipulasi dan memelihara basis data.


FUNGSI DBMS

1. Data Definition, DBMS harus dapat mengolah pendefinisian data
2. Data Manipulation, DBMS harus dapat menangani permintaan dari pemakai untuk mengakses data
3. Data Security & Integrity, DBMS harus dapatmemeriksa security dan integrity data yang didefinisikan oleh
DBA
4. Data Recovery & Concurency, DBMS harus dapat menangani kegagalan–kegagalan pengaksesan database
yang dapat disebabkan oleh sesalahan sistem, kerusakan disk, dsb.
5. Data Dictionary, DBMS harus menyediakan data dictionary.
6. Performance, DBMS harus menangani unjuk kerja dari semua fungsi seefisien mungkin.


KOMPONEN DBMS

Sebuah DBMS (Database Management System) umumnya memiliki sejumlah komponen fungsional (modul) seperti :

1.
File Manager, yang mengelola ruang dalam disk dan struktur data yang dipakai untuk merepresentasikan
informasi yang tersimpan dalam disk.
2. Database Manager, yang menyediakan interfaceantara data low-level yang ada di basis data denganprogram
aplikasi dan query yang diberikan ke sistem.
3. Query Processor, yang menterjemahkan perintahperintah dalam query language ke perintah low-level yang
dapat dimengerti oleh database manager.
4. DML Precompiler, yang mengkonversi perintah DMLyang ditambahkan dalam sebuah program aplikasi
kepemangin prosedur normal dalam bahasa induk.
5. DDL Compiler, yang mengkonversi perintah-perintahDDL ke dalam sekumpulan tabel yang mengandung
metadata. Tabel-tabel ini kemudian disimpan dalam kamus data.

Teori Bahasa dan Otomata

0 komentar
Teori Bahasa dan Otomata

Bahasa adalah struktur yang dikendalikan sekumpulan aturan tertentu, semacam mesin untuk memproduksi makna. Akan tetapi seperti setiap mesin hanya terdapat kemungkinan terbatas bagi setiap orang dalam menggunakannya.

Dalam bahasa disediakan pembendaharaan kata atau tanda (vocabulary), serta perangkat aturan bahasa (grammar, sintaks) yang harus dipatuhi jika hendak menghasilkan sebuah ekspresi yang bermakna.

Proses Kemampuan Pemahaman Bahasa

Hipotesis Noam Chomsky menggugat postulat John Locke (tokoh empirisme) yang menyatakan segala pengetahuan yang dimiliki manusia berasal dari rangsangan-rangsangan luar (pengalaman) yang ditangkap oleh indera-indera manusia, sehingga meniadakan pengetahuan apriori (pengetahuan yang langsung tertanam di manusia)

Noam Chomsky menyandarkan pada pemahaman bahasa sebagai sesuatu yang bersifat khas dan bawaan (tertanam) pada manusia sejak lahir.

Secara khusus Chomsky dipengaruhi Descartes tentang bahasa dan pikiran yang terikat begitu erat sehingga pengetahuan tentang bahasa bisa membuka pengetahuan tentang pikiran manusia.

Secara mendasar bahasa adalah bagian psikologi manusia yang dipahami sebagai teori tentang kemampuan pikiran manusia berupa ungkapan dari subjek psikologi.

Chomsky dan para ahli bahasa telah mengamati anak kecil mampu menjadi lancar berbahasa lebih cepat dan mudah dibanding "algoritma belajar berbahasa".

Sehingga para ahli bahasa membuat hipotesis otak berisi/memuat suatu "mesin bahasa umum". Kemudian selama masa awal pertumbuhan anak, terjadi pertemuan dengan bahasa sehari-hari yang mengubah mesin bahasa umum menjadi mesin bahasa partikular (tertentu) ke bahasa spesifik.


Teori Bahasa

Teori Bahasa adalah konsep-konsep pada "string alpabet V" dalam penyambungan karakter-karakter alpabet untuk membentuk suatu makna (bahasa).

- Alpabet

Adalah himpunan simbol (karakter) tak kosong yang berhingga. Alpabet digunakan untuk membentuk kata-kata (string-string) di bahasa. Bahasa dimulai dengan alpabet. Pada beberapa buku, alpabet dilambangkan dengan Σ

Istilah huruf, karakter dan simbol adalah sinonim menunjukkan elemen alpabet. Jika simbol berbaris bersebelahan, maka diperoleh "string simbol". Istilah kalimat, kata dan string adalah sinonim

Contoh :
{a,b} -> Himpunan yang terdiri dari simbol "a" dan "b".


- Penyambungan (Concatenation - o)

Penyambungan dilakukan pada 2 karakter atau lebih membentuk 1 barisan karakter (string simbol).

Contoh :
'a' o 'b' = 'ab'
'ab' o 'baab' = 'abbaab'


- String pada alpabet V
Karakter atau barisan karakter pada alpabet V dibentuk dari penyambungan karakter pada alpabet V.

String pada alpabet V adalah deretan (sekeun) simbol dari V dimana perulangan simbol diijinkan.

Contoh :
V = {a,b,c,d}
String pada alpabet V antara lain -> 'a','abcd','bbba'

Pemangkatan
Penyambungan dapat dianggap sebagai perkalian karena biasanya penulisannya adalah bila x dan y string, maka x o y adalah xy. sehingga pemangkatan dapat digunakan

VoV = VV = V2 ----> Panjang string = 2
VoVoV = V2oV=V3 -> Panjang string = 3
VoVoVoV = N4 ----> Panjang string = 4
VoVoVo...oV=Vn ---> Panjang string = n


Vk = VoVoVo...oV
adalah himpunan string dengan panjang k, masing-masing simbol adalah alpabet V

V* = {ε} U V+ (Kleene closure)
adalah string pada V, termasuk string kosong dimana ε string kosong (string tanpa simbol)
ε mempunyai sifat identitas, yaitu:
ε o x = x
x o ε = x

V+ = V1 U V2 U V3 U ... (Positive closure)
adalah himpunan string pada V, tidak ada string kosong didalamnya.

V0 = {ε}
adalah himpunan yang isinya hanya string kosong, dimana String kosong ε tidak sama dengan himpunan kosong ø


Maka 'bbba' dapat ditulis 'b3a'


Panjang String
Panjang string dilambangkan |w| dimana panjang string adalah jumlah simbol di dalam string bukan pada alpabet dan pengulangan kemunculan simbol dihitung.

Contoh:
|ε| = 0
|a| = 1
|aa| = 2
|aaa| = 3
|aaab| = 4



Otomata

Otomata adalah mesin abstrak yang menggunakan model matematika, tetapi matematika yang digunakan benar-benar berbeda dibanding matematika klasik dan kalkulus. Model yang digunakan adalah model mesin state (state machine model) atau model trnasisi state (state transition model).

Terdapat 3 model komputasi pada teori otomata.
- Finite automata
- Pushdown automata
- Turing Mavhine


Memori Otomata

Otomata dibedakan berdasarkan jenis memori sementara yang dimilikinya, yaitu:

- Finite automata (FA)
Tidak memiliki memori sementara. Finite automata adalah kelas mesin dengan kemampuan-kemampuan paling terbatas.

- Pushdown automata (PDA)
Memiliki memori sementara dengan mekanisme LIFO (Last In, First Out). Mesin ini lebih ampuh karena bantuan keberadaan stack yang dipandang sebagai unit memori

- Turing Machine (TM)
Memiliki memori dengan mekanisme pengaksesan acak (Random akses memori). Turing Machine merupakan model matematika untuk komputer saat ini.


Sejarah Otomata dan Teori Bahasa

Otomata bermula sebelum komputer ada pada teori di bidang sistem logika matematika atau formal, ilmuwan David Hilbert telah mencoba menciptakan algoritma umum untuk pembuktian (seluruh) persoalan matematika secara otomatis yaitu mampu menentukan salah benarnya sembarang prosisi matematika.

Tahun 1931, Kurt GÖdel mempublikasikan teori ketidaklengkapan dimana membuktikan prosedur/algoritma yang dikehendaki David Hilbert tersebut tidak akan pernah ada.

GÖdel membangun rumus di kalkulus predikat yang diterapkan pada bilangan bulat yang memiliki pernyataan-pernyataan definisi yang tidak dapat dibuktikan maupun dibantah di dalam sistem logika yang mungkin dibangun manusia.

Formalisasi argumen teorema ketidaklengkapan GÖdel ini berikut penjelasan dan formalisasi selanjutnya dari prosedur efektif secara intuisi merupakan salah satu pencapaian intelektual terbesar abad 20, yaitu abad dimana formalisasi berkembang semarak.

Pengembangan teori otomata, komputasi dan teori bahasa berikutnya difasilitasi perkembangan bidang psyco-linguistic. Bidang psyco-linguistic berupaya menjawab pertanyan-pertanyan berikut:
- Apakah bahasa secara umum?
- Bagaimana manusia mengembangkan bahasa?
- Bagaimana manusia memahami bahasa?
- Bagaimana manusia mengajarkan bahasa ke anak-anaknya?
- Apa gagasan-gagasan yang dapat dinyatakan dan bagaimana caranya?
- Bagaimana manusia membangun kalimat-kalimat dari gagasan-gagasan yang berada di pikirannya?

Sekitar tahun 1950-an, Noam Chomsky menciptakan model matematika sebagai sarana untuk mendeskripsikan bahasa serta menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Saat ini dimulai pendalaman bidang bahasa komputer.

Perbedaan antara bahasa komputer dan bahasa manusia adalah sampai sekarang belum diketahuinya bagaimana cara manusia mengartikan bahasa, sementara dengan pasti dapat mengartikan bahasa pada komputer.

Noam Chomsky mengemukakan perangkat format disebut grammar untuk memodelkan properti-properti bahasa.

Grammar berisi sejumlah aturan serta menspesifikasikan bahasa tertentu.

Bahasa berisi semua string yang dapat dihasilkan menggunakan aturan-aturan grammar.

Meski pembahasan Chomsky terutama ditujukan untuk bahasa alami, grammar mempunyai nilai/manfaat sangat besar di ilmu informatika/komputer karena pencapaian ini digunakan untuk mendeskripsikan dan mendefinisikan sintaks bahasa pemrograman dan bahasa-bahasa formal lainnya.

Grammar diterapkan pada perancangan kompilator dan bidang-bidang di ilmu komputer.

McCulloch dan Pitts mengemukakan Mesin Abstrak sederhana yaitu finite automata untuk memodelkan neuron nets.

Finite automata juga digunakan untuk merancang switching circuit. Studi mengenai teori otomata terkait bidang-bidang lain di ilmu komputer.

Kemudian ekivalensi antara finite automata dan ekspresi reguler (reguler expression) dikemukakan Stephen Kleene. Sejak saat itu teori bahasa dikaitkan secara erat dengan teori bahasa formal. ubungan teori otomata dan teori pengkodean (coding theory) juga banyak diteliti.

Turing machine seperti komputer modern saat ini dapat mengolah (simbol-simbol di tape) dan mengahasilkan keluaran (simbol-simbol yang berada di tapenya setelah berakhirnya sebarisan pergerakkan) merupakan karya teoritis dari Alan Turing.

Karena banyak yang berperan pada pengembangannya, bidang teori ini diberi aneka ragam nama yaitu:
- teori otomata (theory of automata)
- teori bahasa formal (theory of formal language)
- teori mesin turing (theory of Turing machine).

Posting Terakhir

Followers

Sponsors

 

Kuliah Komputer. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com