Rabu, 11 Februari 2009

Data Definition Language


1. Jelaskan dan uraikan secara rinci :
a. Pengertian basis data
b. Tujuan penggunaan basis data
c. Jika sebuah mini market menggunakan aplikasi MS Word dan MS Excel untuk mencatatat data barang, pegawai, penggajian, transaksi dan lain-lain, apakah mini market tersebut dapat dikatakan telah menerapkan basis data? Jelaskan!

Jawab :

a. Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
b. 1. Efisiensi meliputi speed, space, dan accurany.
2. Menangani data dalam jumlah besar
3. Kebersamaan pemakaian (sharebility)
4. Meniadakan duplikasi dan inkonsistensi data
c. Mini market tersebut dapat dikatakan sudah menggunakan basisdata, karena apabila kita mengelola data dari mini market tersebut secara terorganisir dengan menggunakan media apa saja, baik dalam media computer maupun dengan media kertas sekalipun, sudah dapat dikatakan kalau kita sudah menggunakan sebuah basisdata

2. Sebutkan dan jelaskan macam - macam objek yang ada dalam database !
Jawab :
1. Tabel

Tabel terdiri dari field-field atau kolom-kolom dengan tipe data tertentu dan baris-baris yang digunakan sebagai penyimpan data. Contoh : tabel Mahasiswa yang terdiri dari field-field : NRP (primary key), Nama, Alamat, JenisKel, NIPDosen (foreign key dari field NIP pada tabel Dosen).

2. View

View adalah tabel bayangan. Tidak menyimpan data secara fisik. Biasanya berupa hasil query dari tabel-tabel dalam sebuah database. Contoh : view MahasiswaPria yang diambil dari tabel Mahasiswa di mana field JenisKel = “L”.

3. Trigger

Trigger adalah sebuah obyek dalam database yang berupa prosedur yang merespon setiap kali terdapat proses modifikasi (insert, update, dan delete) pada tabel. Contoh : trigger tLogUbahNilai melakukan penambahan data pada tabel LogHistoris untuk setiap penambahan / update data pada tabel PesertaKul.

3. Jelaskan dan uraikan secara rinci :
a. Apa yang anda ketahui tentang Primary Key dan Foreign Key?
b. Apakah suatu tabel boleh memiliki lebih dari 1 primary key, jelaskan! Jika iya, berikanlah contoh suatu tabel yang mempunyai 2 primary key, beserta dengan sintaks sql-nya !
Jawab :

a. “Primary Key” adalah field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, / dengan kata lain Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan satu sama lainnya (unik).
“Foreign key” adalah satu attribute yang melengkapi satu relationship yang menunjukan ke induknya.
b. Satu tabel tidak boleh memiliki lebih dari satu primary key, karena primary key merupan variable data yang menjadi identitas utama dari tabel tersebut.

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Referential Integrity Constraint? Dan jelaskan jenis-jenis dan kapan digunakan Referential Integrity Constraint tersebut !
Jawab :
Referential Integrity Constraint digunakan untuk menjaga konsistensi baris-baris data antara dua buah tabel. Pada umumnya, aturan ini mengharuskan sebuah baris pada sebuah tabel yang terelasikan pada tabel lain harus mengacu pada sebuah baris di dalam tabel tersebut. Terdapat 2 macam tabel yaitu tabel child dan tabel parent. Aturan untuk referential integrity biasanya digunakan jika terjadi proses modifikasi data.
Aturan untuk Update ( berlaku pada proses modifikasi di parent table )

 Cascade : Pembaruan sebuah baris data diikuti dengan pembaruan baris data pada child table yang terelasikan.
 Restrict : Mencegah proses pembaruan data jika terdapat baris data di child table yang terelasikan.
 Ignore : Mengabaikan referensi. Boleh memperbarui data pada parent, tapi tidak memperbarui data yang berelasi pada child table.
Aturan untuk Delete ( berlaku pada proses modifikasi di parent table )
 Cascade : Menghapus seluruh baris data pada child table yg terelasikan.
 Restrict : Mencegah penghapusan jika terdapat baris data yang berelasi pada child table.
 Ignore : Mengabaikan referensi. Boleh menghapus data, dan tidak ada efeknya bagi child table.
Aturan untuk Insert
 Restrict : Tidak boleh menambah data pada child table, jika nilai yang dimasukkan pada kolom yang berelasi tidak terdapat pada parent tabelnya.
 Ignore : Mengabaikan referensi. Boleh menambah data pada child, walaupun nilai yang dimasukkan pada kolom yang berelasi tidak terdapat pada parent tabel.

5. Sebutkan macam - macam perintah DDL beserta contohnya !
Jawab :

• Membuat tabel :
CREATE TABLE ( | )
• Menghapus tabel :
DROP TABLE
• Menambah kolom :
ALTER TABLE ADD
• Menghapus kolom :
ALTER TABLE DROP
• Membuat view :
CREATE VIEW AS
• Menghapus view :
DROP VIEW
• Membuat triger :
CREATE TRIGGER ON TABLE ON [DELETE] [,] [INSERT] [,] [UPDATE] AS

6. Jelaskan perbedaan weak entity dan strong entity ! Berikan contohnya !
Jawab :

a. Strong entity (entitas kuat) : Entitas yang mandiri, yang keberadaannya tidak bergantung pada keberadaan entitas yang lainnya. Instansiasi entitas kuat selalu memiliki karakteristik yang unik disebut identifier (sebuah atribut tunggal atau gabungan atribut-atribut yang secara unik dapat digunakan untuk membedakannya dari entitas kuat yang lain).
b. Weak entity (entitas lemah) : Entitas yang keberadaannya sangat bergantung pada keberadaan entitas yang lainnya. Entitas lemah tidak memiliki arti apa-apa dan tidak dikehendaki kehadirannya dalam diagram ER tanpa kehadiran entitas di mana mereka bergantung. Contoh :

7. Apakah yang dimaksud dengan constraint ?Bagaimana cara men-disable , meng-enable dan men-drop constraint ?Berikan contohnya!
Jawab :

Constraint adalah batasan atau aturan yang ada pada table. Constraint mencegah penghapusan data dari suatu table yang mempunyai keterkaitan dengan table yang lain. Misal terdapat keterkaitan antara table department dengan table pegawai. Dimana pada table pegawai menyimpan informasi kolom nomer department yang juga terdapat pada table department. Jika baris dengan nomer department ‘10′ akan dihapus dari table department, sedangkan terdapat data pegawai yang bekerja pada department tersebut, maka dengan adanya constraint antara dua table, penghapusan tersebut tidak bisa dilakukan.

8. Jika kita membuat tabel dengan create table apakah nama table akan disimpan sesuai dengan besar kecilnya huruf atau dijadikan low-case atau upper case? Bagaimana membuat suatu tabel yang namanya sesuai dengan besar kecilnya huruf?

Jawab :

Apabila kita membuat table di oracle, maka hasil yang di tampilkan berbentuk lower case. Untuk membuat hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan, maka dapat menggunakan tanda petik ( ” ) pada awal dan akhir nama table yang diinginkan.

9. Dalam Oracle kita mengenal ‘index’
a. Jelaskan apa itu index dan apa kegunaannya?
b. Dapatkah index dapat terbentuk secara otomatis? jelaskan!
c. Bagaimana cara membuat index secara manual? beri contoh!
d. Kapan sebaiknya index digunakan?
Jawab :

a. Index berguna Untuk mempercepat query dan mengurangi disk I/O
b. Dapat, apabila kita menambahkan constraint dengan alter table, maka index akan ditambahkan dengan otomatis
c. Cara membuat index secara manual:
TABLE Customer
(
First_Name char (50),
Last_Name char (50),
Address char (50),
City char (50),
Country char (25),
Birth_Date date
)d. Index digunakan pada saat :
- Satu / lebih kolom yang sering dipakai pada operasi WHERE atau JOIN
- Suatu kolom memiliki rentang nilai besar
- Suatu kolom banyak memiliki nilai NULL
- Jumlah row (baris) sangat besar dan sering retrieval cuma menghasilkan 2-4% data

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terakhir

Followers

Sponsors

 

Kuliah Komputer. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com