Minggu, 22 Februari 2009

Kelemahan antara facebook dan friendster


INTERFACE

Facebook
Interface mungkin menjadi salah satu kelemahan Facebook. alhasil, profile kita bakal sama semua dengan teman kita. Banyaknya Fitur di Facebook mungkin juga menjadi penghambat dalam membuat User Friendly, Alhasil, pengguna pemula (entry-user) bakal kebingungan dengan Interface yang disediakan Facebook.

Friendster
Inilah salah satu kelebihan Friendster dibanding Facebook, dengan Customized Layout sesuka hati pada profile kita kita bisa memasukkan kode HTML, CSS bahkan JavaScript pun dapat dimasukkan kedalamnya sehingga tampilan Layout profile kita bakal menjadi indah, dan kecil kemungkinan layout kita bakal ada yang menyamai.

PRIVACY

Facebook
Privacy Control di Facebook sangatlah tinggi. maklum, sang pendiri Mark Zuckenberg adalah Lulusan Universitas Harvard. Awalnya, Facebook hanyalah dipakai di kalangan Universitas Harvard, tapi dengan populernya popularitas Facebook di Universitas tersebut, sekarang Facebook bisa dipakai semua orang, kembali soal privacy control di Facebook, profile Facebook kita hanya boleh dilihat oleh teman kita, orang yang belum menjadi teman atau bahkan tidak kenal sama sekali tidak akan bisa melihat profile kita, berbeda dengan Friendster, seseorang yang niatnya mencari teman, akan tetapi dengan banyaknya hasil yang ditampilkan, kita bisa melihat profile orang-orang yang kita tidak kenal sama sekali.

Friendster
Dengan hanya Private Profile, Messaging Off, tentu saja Friendster mudah ditembus oleh sembarang orang, bahkan Private Photo yang sejatinya hanya dapat dilihat sang user dapat pula dilihat oleh orang lain. dengan banyaknya bugs di Friendster, security code Friendster seakan tidak berguna lagi. yang lebih parah, dengan memakai JavaScript di layout kita, kita juga dapat mengetahui password user yang berkunjung ke halaman profile kita lewat cookie. dengan segala kekuranganya, kini Friendster memblok celah-celah yang bisa dimanfaatkan untuk menjebol keamanan Friendster itu sendiri.

ENJOYABLE USELY

Facebook
Tingkat keasyikan dalam menggunakan Facebook mungkin berbeda-beda setiap orang, akan tetapi, dengan mudahnya mencari teman, fans, dan sekolah atau kuliah tempat kita menuntut ilmu bisa ditemukan dengan mudah. Chat dengan user yang online pun sangatlah menyenangkan, sehingga kita tidak perlu lagi mengaktifkan ID messenger kita seperti Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, Mig33, dll. Mengikuti games, apps, gifts dan quiz di Facebook sangatlah menyenangkan, bahkan kita bisa membuat sendiri quiz atau games jika kita mau. Alhasil, menggunakan Facebook bakal menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Friendster
Perlu diperjelas kembali bahwa tingkat kesukaan bisa berbeda-beda, karena tidak semua orang sama. di Friendster, salah satu tingkat keasyikanya adalah Personalisasi Profile, kita bisa mengubah layout sesuai keinginan kita, menulis semua tentang diri kita, orang yang ingin kita temui, buku favorit, music, hobby, afiliasi bahkan tempat tinggal kita bisa kita edit sesuai selera. akan tetapi, semua itu harus dibayar mahal oleh fitur yang disalah gunakan. sebagian orang, contohnya adalah bulletin board. bulletin kini hanya menjadi tempat curhat, pamer klo sedang online, menyuruh mengisi testimonial, menyuruh komentar photo primary, ajang tanya jawab sendiri dsb. di luar negeri, Bulletin board menjadi ajang tempat spam setelah menggunakan fitur Messaging. lalu, kita bisa disalahkan melihat profile Friendster oleh sebagian orang tanpa menge-addnya. hingga kita pun diberi komentar yang sebenarnya tidak perlu.

ADS

Facebook
Iklan di Facebook ada disetiap halaman kecuali di homepage dan setting account maupun privacy setting kita. selebihnya iklan hanyalah ada di bagian kanan. bagi sebagian orang mungkin iklan sangatlah menggangu karena merusak penampilan situs itu sendiri.

Friendster
Berbeda dengan Facebook, Friendster di setiap halamannya menyertakan iklan di sisi kanan halamannya. dengan ukuran yang cukup besar, bahkan disertai flash animasi, Friendster terasa berat bila kita membuka di komputer dengan spek yang kurang bagus.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terakhir

Followers

Sponsors

 

Kuliah Komputer. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com